Info lengkap Wakatobi

Monday 30 September 2013

Wakatobi menyimpan Ikan langka yaitu Ikan Paus Sperma (Physeter macrocephalus)


Wakatobi adalah sebuah kawasan laut penyelaman yang terletak di Sulawesi Tenggara. Nama Wakatobi adalah gabungan dari empat pulau utama yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Pada tahun 1996 kawasan ini ditetepkan sebagai Taman Nasional Wakatobi dengan total area 1,39 juta hektar. Taman Nasional ini menjadi salah satu konservasi laut Indonesia yang mempunyai keanekaragaman hayati laut dan karang serta menjadi salah satu yang terbaik di dunia.
Dilansir dari cnn, perairan Wakatobi memiliki tamu setia yang menjadikan perairan Wakatobi sebagai taman bermainnya yaitu ikan paus sperma (Physeter macrocephalus). Biasanya, kawanan paus sperma berada di Wakatobi pada bulan November, saat belahan bumi lain membeku. Pada bulan tersebut perairan Wakatobi relatif lebih hangat dan berlimpah pakan yang bisa mengenyangkan perut kawanan paus. Tidak hanya itu Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari Manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa. Pari Manta merupakan salah satu jenis ikan yang khas dan unik, yang hanya terdapat di perairan tropis. Selain itu salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan di sini adalah pemandangan matahari terbenam.

 
Secara spesifik Taman Nasional Kepulauan Wakatobi dikeliling pantai dari pulau-pulau karang sepanjang 600 km serta obyek wisata pantai yang indah. Karena itu kawasan pantai di Wakatobi sangat cocok untuk wisata seperti diving, snorkeling, berenang dan memancing.
Jika tertarik mengunjungi salah satu surga laut dunia ini, ada penerbangan langsung dari Jakarta dan Bali ke Wakatobi melalui Kendari atau Bau-Bau. Perahu ke Pulau Kaledupa berangkat setiap hari dari jam 9-11 pagi. Di sana ada beberapa macam penginapan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. 

source by: www.vemale.com